Jasa dan Kualitas Pelayanan
1. Pengertian Jasa
Jasa (Kotler 1997: 83) adalah setiap tindakan atau
kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada
dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun yang
produksinya dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan pada satu produk fisik.
Menurut Yoeti (1999: 1) jasa (service) adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi jasa (producer) dan penerima jasa (customer) melalui suatu atau beberapa
aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Dari kedua pengertian tersebut diatas, dapat
disimpulkan bahwa jasa merupakan suatu produk yang berupa pelayanan yang tidak
nyata yang dibutuhkan pelanggan sebagai bagian dari pemuas kubutuhannya dengan
melalui beberapa aktivitas yang didapatkan dari timbal balik antara pemberi
jasa dan penerima jasa di saat itu.
Jasa sebagai suatu produk memiliki karakteristik yang
berbeda dengan barang/ produk fisik. Menurut Kotler (1997: 84), di dalam
rancangan program pemasaran, jasa memiliki empat karakteristik utama yang
sangat mempengaruhi, antara lain: tidak berwujud (intangibility), tidak terpisahkan (inseparibility), bervariasi (variability),
dan mudah lenyap (perishability).
1. Tidak Berwujud (Intangibility)
Jasa memiliki sifat yang tidak berwujud, dapat
dirasakan dan dinikmati sebelum dibeli oleh konsumen.
2. Tidak Terpisahkan (Inseparibility)
Jasa merupakan produk yang tidak dapat dipisahkan,
karena produksi dan konsumsinya dilakukan secara bersamaan. Pada saat jasa
diproduksi penyedia/ pengelola jasa maka pelanggan/ konsumen/ wisatawan harus
ada, sehingga akan terjadi interaksi antara keduanya.
3. Bervariasi (Variability)
Jasa banyak memiliki variasi, tergantung penyedia
jasa, penerima, kapan dan dimana jasa tersebut dilakukan, sehingga senantiasa
mengalami perubahan. Perubahan tersebut disebabkan karena jasa yang dihasilkan
dan dikonsumsikan secara berkesinambungan membatasi pengendalian mutu,
fluktuasi permintaan dan kontak antara penyedia dengan pelanggan.
4. Mudah Lenyap (Perishability)
Jasa merupakan produk yang mudah lenyap sehingga jasa
tidak dapat disimpan dan tidak tahan lama. Jasa hanya memiliki nilai pada saat
jasa itu dinikmati konsumennya, dan jasa tidak dapat disimpan untuk dinikmati
dilain waktu, sehingga apabila jasa itu tidak dibeli konsumennya pada saat itu,
maka jasa itu akan hilang begitu saja.
Penawaran suatu perusahaan kepada pasar biasanya
mencakup beberapa jenis jasa. Komponen jasa ini dapat merupakan bagian kecil
ataupun bagian utama dari total penawaran tersebut. Penawaran (Kotler, 1997:
83) dapat dibedakan menjadi lima kategori yaitu:
1. Barang berwujud murni: penawaran hanya terdiri dari
barang berwujud, tidak ada jasa yang menyertai produk itu, seperti sabun, pasta
gigi.
2. Barang berwujud yang disertai jasa: penawaran terdiri
dari barang berwujud yang disertai dengan satu atau beberapa jasa untuk
meningkatkan daya tarik konsumennya.
3. Campuran: penawaran terdiri dari barang dan jasa
dengan proporsi yang sama.
4. Jasa utama yang disertai barang dan jasa tambahan:
penawaran yang terdiri dari satu jasa utama yang disertai jasa tambahan dan
barang pendukung.
5. Jasa murni: penawaran hanya terdiri dari jasa, seperti
pemijatan.
Dengan demikian, jasa berbeda dengan produk berwujud,
sehingga implikasinya terhadap strategi pemasaran menekankan pada pendekatan
pemasaran dari bauran pemasaran (marketing
mix) ditambah 3 elemen pemasaran jasa (4P + 3P). Booms dan Bitner dalam
Kotler (1997: 88) menambahkan 3P yang terlibat dalam pemasaran jasa yaitu, people (orang), physical evidence (bukti fisik) dan process (proses), merupakan strategi yang perlu mendapat perhatian
dalam melakukan pemasaran jasa, sehingga keterlibatan 3P tersebut sangat
mempengaruhi keberhasilan pemasaran jasa.
American
Society for Quality Control dalam
Kotler (1997: 49) mendefinisikan bahwa kualitas adalah keseluruhan ciri serta
sifat dari suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk
memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau yang tersirat.
Pengertian pelayanan secara umum adalah
suatu usaha untuk membantu menyiapkan dan
mengurus apa yang diperlukan oleh orang lain (Kamus Besar
Bahasa Indonesia). Dengan pengertian
tersebut tersirat adanya aktivitas individu
untuk melakukan sesuatu atas dasar kebutuhan orang lain.
Kualitas pelayanan (service quality) terjadi karena adanya perbandingan dua faktor
utama yaitu persepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka terima (perceived service) dengan pelayanan yang
sesungguhnya diharapkan (expected service).
Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka pelayanan dapat dinilai
bermutu, sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka pelayanan
dinilai tidak bermutu, dan apabila kenyataan sama dengan harapan konsumen
(wisatawan), maka pelayanan dinilai memuaskan, sehingga kualitas pelayanan
merupakan seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas
pelayanan yang mereka terima (Parasuraman dalam Lupiyoadi, 2001: 148).
Parasuraman dalam Lupiyoadi (2001: 148) memberikan lima
dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari:
1. Tangibles (bukti fisik), yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam
menunjukkan eksistensinya kepada pihak luar, yang berupa keadaan sarana dan
prasarana fisik perusahaan sebagai bukti nyata dari pelayanan yang diberikan,
seperti gedung, peralatan komunikasi, teknologi modern, bentuk promosi,
penampilan karyawan dan lain-lain.
2. Reliability, (keandalan) yaitu kemampuan perusahaan untuk
memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya.
Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan, sepert ketepatan waktu,
perlakuan pelayanan yang sama kepada seluruh pelanggan, sikap yang simpatik dan
lain-lain.
3. Responsivenes (tanggap), yaitu suatu kemampuan untuk membantu dan
memberikan pelayanan yang cepat (responsif)
dan tepat kepada pelanggan dengan memberikan informasi yang jelas. Membiarkan
konsumen menunggu tanpa adanya suatu alasan yang jelas akan menyebabkan
persepsi yang negatif.
4. Assurance (jaminan/ kepastian), yaitu pengetahuan, kesopanan
dan kemampuan
para karyawan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen dengan adanya komunikasi,
kredibilitas, keamanan, kompetensi dan sopan santun.
5. Empathy, yaitu memberikan perhatian yang tulus kepada pelanggan
dengan memahami keinginan dan kebutuhannya. (alf)
Leo_________________________________
Pustaka:
Kotler,
P. 1997. Marketing Manajemen. Ninth Edition.
New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Leofaragusta,
A. 2003. Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung. Karya Tulis.
Yogyakarta.
Lupiyoadi,
R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori
dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Parasuraman,
A., V. Zaitaml,. L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring
Consumer Perceptions of Service Quality.
Journal of Retailing, 64: 12-40.
Yoeti,
O.A. 1989. Pemasaran Pariwisata.
Bandung: PT. Angkasa.
Terimkasih pak sangat bermanfaat
BalasHapusMateri yang sangat berguna, terima kasih 🙏
BalasHapusTerimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻
BalasHapusSangat bermanfaat dan membantu saya 🙏🙏🙏
BalasHapusTerimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻
BalasHapusMateri yang sangat bermanfaat, terima kasih pak
BalasHapusTerima kasih atas blog sangat membantu dan menambah pengetahuan 🙏
BalasHapusTerima kasih, blog nya sangat membantu untuk referensi pembelajaran
BalasHapusTerimakasih blognya sgt membantu
BalasHapusDengan saya membaca blog ini pengetahuan saya tentang ciri khas pelayanan industri jasa makin berkembang. Materi yang tertera pun sangat jelas utk di pahami
BalasHapusTerimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻
BalasHapusTerima kasih atas blog nya materi ini sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang ciri ciri khas pelayanan jasa yang baik dan benar. Materi ini cukup sangat jelas untuk di pahami 🙏
BalasHapusTerima kasih atas blog nya materi ini sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang ciri ciri khas pelayanan jasa yang baik dan benar. Materi ini cukup sangat jelas untuk di pahami 🙏
BalasHapusMateri yang ada sangat jelas dan mudah di mengerti, membantu proses pembelajaran tentang ciri khas pelayanan jasa
BalasHapusTerima kasih atas materinya, sangat membantu dan mudah dipahami
BalasHapusbaik, terima kasih atas materinya , semoga kami dapat menambah wawasan dalam psikologi pelayanan, mengetahui karakteristik customer,
BalasHapusTerimakasih pak, blog nya sangat membantu dan mudah di pahami 🙏
BalasHapusTerima kasih Pak. Sangat bermanfaat..
BalasHapusBaik terimakasih, materi nya sudah lengkap dan artikle nya sangat membantu saya.
BalasHapusTerima kasih, artikel yang bermanfaat guna menambah wawasan mengenai materi Jasa dan Kualitas Pelayanan
BalasHapusTerimakasih pak artikel ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa
BalasHapusterimakasih pak, materinya bermanfaat dan mudah dipahami
BalasHapusArtikel ini bermanfaat bagi kami khususnya mahasiswa hospitality
BalasHapusTerimakasih pak artikel ini sangat bermanfaat
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih pak atas penjelasannya
BalasHapus-Nadia Ramadhani
Terimakasih, pak. Materinya sangat membantu🙏🏻
BalasHapusTerima kasih atas artikelnya pak, penjelasannya sangat bermanfaat untuk membantu kami mempelajari tentang jasa dan kualitas pelayanan
BalasHapusTerima kasih, semoga jadi ilmu yang bermanfaat
BalasHapusTerima kasih. Artikelnya sangat membantu
BalasHapusTerima kasih atas artikel dan ilmunya.
BalasHapus-Winda Permata Putri
terimakasih pak sgt bermanfaat
BalasHapusterimakasih pak atas artikelnya pak. semoga ilmunya bermanfaat
BalasHapusTerima kasih pak semoga bermanfaat
BalasHapussangat membantu dan bermanfaat
BalasHapusAlhamdulillah terimakasih pak atas artikelnya semoga bermanfaat untuk kita semua..
BalasHapusAfifah Ikrimah, kelas 5BA
BalasHapusTerima kasih sir atas ilmunya
Qonita Milatina, 5BC alhamdulillah terima kasih ilmunya sir artikelnya sangat menarik.
BalasHapusTerimakasih pak atas materi singkat nya, sangat informatif. Fitria~
BalasHapusterimakasih pak atas materinya. -Dita
BalasHapusterima kasih atas materinya sir
BalasHapusalhamdulillah ilmunya sungguh bermanfaat
BalasHapusTerima kasih sir atas materinya,sangat bermanfaat. ~Mutiara
BalasHapusTerima kasih informasinya, sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih informasinya, sangat bermanfaat-Al Fajri
BalasHapusSangat informatif sekali - Nyayu Annisa 5Bc
BalasHapusTerima Kasih informasinya pak, bisa dipahami.
BalasHapusSangat informatif sekali terima kasih - Nyayu Annisa Nurul qolbi 5Bc
BalasHapussaya dapat memahami materi dengan baik, terimakasih atas pembahasannya pak
BalasHapusInformasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏
BalasHapus-ElsaWahyuni
Terimakasih sir ilmunya
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat sir
BalasHapusterima kasih pak, informasinya sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih ilmunya pak.
BalasHapusterima kasih banyak sir. informasi sangat bermanfaat sekali
BalasHapusTerima kasih pak untuk materinya, sangat bermanfaat.
BalasHapusTerima kasih pak, materinya sangat bermanfaat
BalasHapusTerima Kawih ilmunya sir.
BalasHapusDian Saputra - 5BB
Terima Kasih ilmunya sir.
BalasHapusDian Saputra - 5BB
penjelasannya detail sekali, terima kasih pak, semoga ilmunya bisa saya manfaatkan dengan baik
BalasHapusTerima kasih sir, materinya sangat bermanfaat
BalasHapus-Yoka Zumarni
Penjelasannya disusun dengan jelas dan sistematis. Sangat menarik dan mudah dipahami. Terima kasih.
BalasHapusSangat informatif. Terimakasih, pak
BalasHapusTerima kasih, materinya mudah dimengerti. - Reuni Handayani
BalasHapusTerimakasih sir Informasinya 🙏 -Arum Retno NWd
BalasHapusTerima kasih atas ilmunya.. Blog yg sangat membantu dan bermanfaat tentunya 👍
BalasHapusTerimakasih atas informasinya Pak. Sangat bermanfaat dan informatif
BalasHapusInformasinya sangat bermanfaat, terimakasih atas materinya.
BalasHapusterimakasih atas ilmu dan pengetahuannya sir, - M Rafly HR Polsri Bahasa Inggris 5BD
BalasHapusTerimakasih atas materi dan informasinya, mudah dimengerti dan dipahami 🙏
BalasHapusterimakasih atas blognya dan infonya - 5BD_Lara Finandita
BalasHapusTerima kasih atas materi nya Pak 🙏 Sangat bermanfaat dan mudah dipahami
BalasHapusTerimakasih atas materinya sir, informatif dan mudah dipahami
BalasHapusterima kasih atas materi dan informasi yang diberikan sir. -Ivano armayudha 5BD-
BalasHapusInformasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏
BalasHapusTerimakash atas penjelasannya sir, sangat membantu. -Tanniah Dwi Pratwi (5BD)
BalasHapusSangat bermanfaat pak, terimakasih atas penjelasannya pak🙏
BalasHapusTerima kasih atas penjelasannya sir sangat mudah di pahami
BalasHapusSangat bermanfaat pak, terimakasih atas penjelasannya pak🙏 ( Ovia Melinda 5BD English Department)
BalasHapusInformasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏
BalasHapusTerima kasih Pak🙏 Informasinya sangat bermanfaat dan mudah di fahami
BalasHapusTerima kasih pak, informasinya sangat membantu
BalasHapusTerima kasih atas materi yg sangat bermanfaat ini pak
BalasHapusTerima kasih atas blognya sir, materinya sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang jasa dan Kualitas Pelayanan
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat��
BalasHapusTerimakasih pak, materinya mudah untuk dipahami dan sangat bermanfaat pak
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTulisan yang baik dan mudah untuk dipahami. Informasi yang diberikan sangat berguna untuk menambah wawasan tentang jasa
BalasHapusinformasinya sangat bermanfaat pak dan penjelasannya juga mudah dimengerti, terima kasih pak
BalasHapusTulisannya sangat berisi informasi yang edukatif mengenai jasa dan kualitas pelayanan di pariwisata.. terimakasih
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak, sangat membantu dan mudah dipahami
BalasHapusterima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk saya belajar
BalasHapuspenjelasan mengenai kulitas jasa pelayanan ini sangat bermanfaat dan membantu saya untuk lebih mudah memahaminya, terima kasih atas ilmu dan pengetahuannya
BalasHapusIlmu yang bermanfaat, blog ini memberikan kepada saya informasi yang edukatif tentang hospitality industry
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Terima kasih atas ilmu dan materinya.
BalasHapusTerimakasih pak blog ini memberikan informasi yang kami butuhkan
BalasHapusTerimakasih pak atas materi yang diberikan
BalasHapusterimakasih pak, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami untuk kalangan mahasiswa
BalasHapusterimakasih pak, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami - rifa afifah isdiyan ( 5BA )
BalasHapusTerimakasih pak. Materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami
BalasHapusTerimakasih blog nya sangat bermanfaat pak 🙏
BalasHapusTerimakasih pak atas informasi materinya. Sangat membantu.
BalasHapusHelsa Silvia 5 BA
Bahasa nya mudah dimengerti dan sangat jelas sekali
BalasHapusTerima kasih pak infonya sangat jelas dan mudah di mengerti
BalasHapusTerima kasih pak infonya sangat jelas dan mudah di mengerti
BalasHapusDina Anggraini 5BC
terima kasih pak, infonya sangat jelas mudah untuk dipahami
BalasHapusAbdul roni alhafiz 5BC
Terimakasih atas info yang diberikan
BalasHapusTerima kasih infonya sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih sir untuk materi yang diberikan. Sangat bermanfaat terutama untuk bidang hospitality industry. (Jihanluthfi 5BC)
BalasHapusTerima kasih pak materinya sangat jelas sehingga mudah dimengerti
BalasHapusYosyadista 5BC
Terima kasih pak materi nya sangat jelas sehingga mudah dimengerti
BalasHapusYosyadista 5BC
Terimakasih atas infonya pak, sangat mudah dipahami dan jelas
BalasHapusAhmad Chaidir 5BC
Terima kasih sir, infonya sangat bermanfaat dan mudah dipahami
BalasHapusTerima kasih sir, infonya sangat bermanfaat dan mudah dipahami (Masayu Sonia Saphira 5BC)
BalasHapusTerima kasih sir untuk informasinya sngt bermanfaat🙏
BalasHapusTerima Kasih Sir atas Ilmu & Informasinya
BalasHapusinformasi yang sangat bermanfaat dan disajikan dengan bahasa yang mudah di mengerti,terima kasih sir
BalasHapusDeft Silisia 5BC
Terimakasih atas ilmu yang diberikan sir cukup bisa dimengerti
BalasHapusPutri Ayu 5BC
informasi sekaligus ilmu yang sangat bermanfaat dengan bahasa yang sangat mudah untuk dipahami. Terima kasih sir.
BalasHapusDita Nurhasanah, 5 BC
Terima kasih atas infonya sir. Sangat bermanfaat🙏
BalasHapusAnisa Fitri 5BC
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusilmu dan informasi yg sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang pariwisata, terima kasih sir.
BalasHapusKrestianti, 5BC
terima kasih infonya sir, sangat bermanfaat dan mudah di mengerti (Rizqi Atiiqah Putri 5BC)
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat
BalasHapus- Muhammad sabari 5BB
Terimakasih atas materinya. Sangat jelas dan mudah untuk dipahami
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak (Fiorina Chukwu - 5BB)
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat 🙏
BalasHapusTerima kasih infonya sir, sangat bermanfaat sekali dan mudah di pahami 🙏🏻👍 -Hikma Damai Rika 5BB
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat pak. Terimakasih telah berbagi ilmu🙏
BalasHapusMaterinya mudah dipahami, Terimakasih - Mariyah Tulqibthiyah
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat 🙏
BalasHapus- Anisa Ramadhania 5BB
Terimakasih atas informasi dan materinya pak, sangat bermanfaat 👍 (Allyah Febrina M / 5BB)
BalasHapusPenjelasan dan penjabaran dari jasa dan pelayanan mudah dipahami dan dimengerti. Terimakasih atas materinya, pak. Sangat membantu. (19. Sulis Kholifah, 5BB )
BalasHapusMateri diatas disajikan dengan jelas. Saya dapat memahaminya dengan mudah dan tentunya sangat bermanfaat. terima kasih pak..
BalasHapusterimakasih pak, materinya dapatdipahami
BalasHapus-Tharisya Dhyanti Fazwa 5BB
Terima kasih atas materinya pak. Materinya jelas dan mudah dipahami. (Viorin Kika Anggani-5BB)
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat, terimakasih atas materinya, pak. Sukses selalu. (Tammy R. P -5BB)
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak, penjelasan nya mudah dipahami dan dimengerti serta sangat bermanfaat (13. Ersa Mayora/ 5BB)
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat
BalasHapusPenjelasannya mudah di pahami dan sangat jelas. Terimakasih atas materiny,sangat menambah wawasan
BalasHapusPenjelasannya mudah di pahami dan sangat jelas, terimakasih atas materiny sangat bermanfaat dan menambah wawasan
BalasHapus-Fitri Salsabila, 5BB
Materi pada blog ini bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih karena blog ini proses pembelajaran saya tentang jasa dan kualitas pelayanan bisa lebih di mengerti (18. Regieta Syahrani 5BB)
BalasHapusterima kasih atas materinya
BalasHapusTerima kasih atas info yang sudah diberikan sir, penjelasannya pun mudah dipahami dan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu (Tiara Sakina 5BD)
BalasHapusTerima kasih atas materinya. Sangat mudah dipahami dan bermanfaat
BalasHapusTerima kasih atas materinya sir🙏 sangat bermanfaat dan penjelasannya mudah untuk dipahami
BalasHapusTerima kasih sir, info nya sangat bermanfaat dan sangat mudah dipahami sir
BalasHapus-Khanza Naurabella
thankyou informasi dan pengetahuannya sir (BD)
BalasHapusMaterinya mudah dipahami, jadi menambah ilmu
BalasHapusTerima kasih atas materinya karena materinya sangat bermanfaat dan mudah dimengerti. bagi untuk menambah wawasan kita mengenai "jasa dan kualitas pelayanan" materi blog ini merupakan salah satu yang terbaik...
BalasHapus(13. M.Aji Wiraguna 5BD)
Terima kasih atas materinya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami 🙏🏻
BalasHapusPutri Asia Septarina
HapusTerimakasih infonya sir🙏
BalasHapus(Putri elviani 5BD)
thankyou informasi dan pengetahuannya sir (Winda.BD)
BalasHapusTerima kasih pak, penjelasan atas materi serta penjabarannya sangat mudah dimengerti dan menambah ilmu pengetahuan
BalasHapus(Andalas Murwani P 5BD)
Terima kasih materinya sir, sangat bermanfaat dan penjelasannya mudah dipahami (Sherly Oktaviano 5BD)
BalasHapusTerima kasih atas materinya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami sir🙏 (Indah Noverika 5BD)
BalasHapusTerima kasih materinya sir, sangat bermanfaat dan penjelasannya mudah dipahami (Sherly Oktaviani 5BD)
BalasHapusTeimakasih atas informasinya pak, penjelasan mudah dipahami dan sangat bermanfaat
BalasHapus(Aisyah Cicha Safira 5BD)
Terima kasih sir atas ilmu yang diberikan pada blog ini mengenai Jasa dan Kualitas Pelayanan sangat mudah dipahami dan menambah wawasan baru.
BalasHapus(Tri Dheka Wati 5BD)
Terima kasih pak leo atas materinya tentang jasa dan kualitas pelayanan,materinya sangat jelas sehingga mudah untuk dipahami (03. Vannessa Rudi)
BalasHapuspenjelasannya mudah dipahami dan blog ini sangat bermanfaat (Dhea Anggraini, 5 BD)
BalasHapusTerima kasih atas informasi mengenai Jasa dan Kualitas pelayanan, materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami.
BalasHapusMateri yang diberikan jelas dan bahasanya mudah dipahami. Terima kasih sir, sukses selalu
BalasHapus-Rindi Yunita Sari 5BD-
terimakasih atas informasinya pak sangat bermanfaat
BalasHapus(Yunisa Patmawati 5BD)
Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami mengenai Jasa dan kualitas pelayanan (Trilisa Nuhuda 5BD)
BalasHapusTerima kasih atas materinya mengenai Jasa dan Kualitas pelayanan, materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Tidak sulit untuk dimengerti ( indah Nabila 5BD)
BalasHapus