Ada yang dapat saya bantu....?

Tourism

Minggu, 27 Januari 2013

Jasa dan Kualitas Pelayanan



Jasa dan Kualitas Pelayanan

1. Pengertian Jasa        
 
        Jasa (Kotler 1997: 83) adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun yang produksinya dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan pada satu produk fisik. 
        Menurut Yoeti (1999: 1) jasa (service) adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi jasa (producer) dan penerima jasa (customer) melalui suatu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
        Dari kedua pengertian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa jasa merupakan suatu produk yang berupa pelayanan yang tidak nyata yang dibutuhkan pelanggan sebagai bagian dari pemuas kubutuhannya dengan melalui beberapa aktivitas yang didapatkan dari timbal balik antara pemberi jasa dan penerima jasa di saat itu.
        Jasa sebagai suatu produk memiliki karakteristik yang berbeda dengan barang/ produk fisik. Menurut Kotler (1997: 84), di dalam rancangan program pemasaran, jasa memiliki empat karakteristik utama yang sangat mempengaruhi, antara lain: tidak berwujud (intangibility), tidak terpisahkan (inseparibility), bervariasi (variability), dan mudah lenyap (perishability).
 
1.  Tidak Berwujud (Intangibility) 
    Jasa memiliki sifat yang tidak berwujud, dapat dirasakan dan dinikmati sebelum dibeli oleh konsumen.

2.  Tidak Terpisahkan (Inseparibility)
Jasa merupakan produk yang tidak dapat dipisahkan, karena produksi dan konsumsinya dilakukan secara bersamaan. Pada saat jasa diproduksi penyedia/ pengelola jasa maka pelanggan/ konsumen/ wisatawan harus ada, sehingga akan terjadi interaksi antara keduanya.

3.  Bervariasi (Variability)
Jasa banyak memiliki variasi, tergantung penyedia jasa, penerima, kapan dan dimana jasa tersebut dilakukan, sehingga senantiasa mengalami perubahan. Perubahan tersebut disebabkan karena jasa yang dihasilkan dan dikonsumsikan secara berkesinambungan membatasi pengendalian mutu, fluktuasi permintaan dan kontak antara penyedia dengan pelanggan.

4.  Mudah Lenyap (Perishability)
Jasa merupakan produk yang mudah lenyap sehingga jasa tidak dapat disimpan dan tidak tahan lama. Jasa hanya memiliki nilai pada saat jasa itu dinikmati konsumennya, dan jasa tidak dapat disimpan untuk dinikmati dilain waktu, sehingga apabila jasa itu tidak dibeli konsumennya pada saat itu, maka jasa itu akan hilang begitu saja.

        Penawaran suatu perusahaan kepada pasar biasanya mencakup beberapa jenis jasa. Komponen jasa ini dapat merupakan bagian kecil ataupun bagian utama dari total penawaran tersebut. Penawaran (Kotler, 1997: 83) dapat dibedakan menjadi lima kategori yaitu:

1.  Barang berwujud murni: penawaran hanya terdiri dari barang berwujud, tidak ada jasa yang menyertai produk itu, seperti sabun, pasta gigi.

2.  Barang berwujud yang disertai jasa: penawaran terdiri dari barang berwujud yang disertai dengan satu atau beberapa jasa untuk meningkatkan daya tarik konsumennya.

3.  Campuran: penawaran terdiri dari barang dan jasa dengan proporsi yang sama.

4.  Jasa utama yang disertai barang dan jasa tambahan: penawaran yang terdiri dari satu jasa utama yang disertai jasa tambahan dan barang pendukung.

5.  Jasa murni: penawaran hanya terdiri dari jasa, seperti pemijatan.
 
      Dengan demikian, jasa berbeda dengan produk berwujud, sehingga implikasinya terhadap strategi pemasaran menekankan pada pendekatan pemasaran dari bauran pemasaran (marketing mix) ditambah 3 elemen pemasaran jasa (4P + 3P). Booms dan Bitner dalam Kotler (1997: 88) menambahkan 3P yang terlibat dalam pemasaran jasa yaitu, people (orang), physical evidence (bukti fisik) dan process (proses), merupakan strategi yang perlu mendapat perhatian dalam melakukan pemasaran jasa, sehingga keterlibatan 3P tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan pemasaran jasa.


 
2. Kualitas Pelayanan
 
      American Society for Quality Control dalam Kotler (1997: 49) mendefinisikan bahwa kualitas adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau yang tersirat.
        Pengertian pelayanan secara umum adalah suatu usaha untuk membantu menyiapkan dan mengurus apa yang diperlukan oleh orang lain (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dengan pengertian tersebut tersirat adanya aktivitas individu untuk melakukan sesuatu atas dasar kebutuhan orang lain. 
       Kualitas pelayanan (service quality) terjadi karena adanya perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka terima (perceived service) dengan pelayanan yang sesungguhnya diharapkan (expected service). Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka pelayanan dapat dinilai bermutu, sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka pelayanan dinilai tidak bermutu, dan apabila kenyataan sama dengan harapan konsumen (wisatawan), maka pelayanan dinilai memuaskan, sehingga kualitas pelayanan merupakan seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima (Parasuraman dalam Lupiyoadi, 2001: 148).
        Parasuraman dalam Lupiyoadi (2001: 148) memberikan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari:
1. Tangibles (bukti fisik), yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak luar, yang berupa keadaan sarana dan prasarana fisik perusahaan sebagai bukti nyata dari pelayanan yang diberikan, seperti gedung, peralatan komunikasi, teknologi modern, bentuk promosi, penampilan karyawan dan lain-lain.

2.  Reliability, (keandalan) yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan, sepert ketepatan waktu, perlakuan pelayanan yang sama kepada seluruh pelanggan, sikap yang simpatik dan lain-lain.

3.  Responsivenes (tanggap), yaitu suatu kemampuan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada pelanggan dengan memberikan informasi yang jelas. Membiarkan konsumen menunggu tanpa adanya suatu alasan yang jelas akan menyebabkan persepsi yang negatif.

4. Assurance (jaminan/ kepastian), yaitu pengetahuan, kesopanan dan  kemampuan para karyawan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen dengan adanya komunikasi, kredibilitas, keamanan, kompetensi dan sopan santun.

5.  Empathy, yaitu memberikan perhatian yang tulus kepada pelanggan dengan memahami keinginan dan kebutuhannya. (alf)

 Leo_________________________________


Pustaka:

Kotler, P. 1997. Marketing Manajemen. Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall,         Inc.

Leofaragusta, A. 2003. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan          Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung. Karya Tulis. Yogyakarta.

Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba  Empat.
 
Parasuraman, A., V. Zaitaml,. L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of  Service Quality. Journal of  Retailing, 64: 12-40.

Yoeti, O.A. 1989. Pemasaran Pariwisata. Bandung: PT. Angkasa.

170 komentar:

  1. Terimkasih pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Materi yang sangat berguna, terima kasih 🙏

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat dan membantu saya 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻

    BalasHapus
  6. Materi yang sangat bermanfaat, terima kasih pak

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas blog sangat membantu dan menambah pengetahuan 🙏

    BalasHapus
  8. Terima kasih, blog nya sangat membantu untuk referensi pembelajaran

    BalasHapus
  9. Terimakasih blognya sgt membantu

    BalasHapus
  10. Dengan saya membaca blog ini pengetahuan saya tentang ciri khas pelayanan industri jasa makin berkembang. Materi yang tertera pun sangat jelas utk di pahami

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas blog nya materi ini sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang ciri ciri khas pelayanan jasa yang baik dan benar. Materi ini cukup sangat jelas untuk di pahami 🙏

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas blog nya materi ini sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang ciri ciri khas pelayanan jasa yang baik dan benar. Materi ini cukup sangat jelas untuk di pahami 🙏

    BalasHapus
  14. Materi yang ada sangat jelas dan mudah di mengerti, membantu proses pembelajaran tentang ciri khas pelayanan jasa

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas materinya, sangat membantu dan mudah dipahami

    BalasHapus
  16. baik, terima kasih atas materinya , semoga kami dapat menambah wawasan dalam psikologi pelayanan, mengetahui karakteristik customer,

    BalasHapus
  17. Terimakasih pak, blog nya sangat membantu dan mudah di pahami 🙏

    BalasHapus
  18. Terima kasih Pak. Sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  19. Baik terimakasih, materi nya sudah lengkap dan artikle nya sangat membantu saya.

    BalasHapus
  20. Terima kasih, artikel yang bermanfaat guna menambah wawasan mengenai materi Jasa dan Kualitas Pelayanan

    BalasHapus
  21. Terimakasih pak artikel ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa

    BalasHapus
  22. terimakasih pak, materinya bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  23. Artikel ini bermanfaat bagi kami khususnya mahasiswa hospitality

    BalasHapus
  24. Terimakasih pak artikel ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Terimakasih pak atas penjelasannya
    -Nadia Ramadhani

    BalasHapus
  27. Terimakasih, pak. Materinya sangat membantu🙏🏻

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas artikelnya pak, penjelasannya sangat bermanfaat untuk membantu kami mempelajari tentang jasa dan kualitas pelayanan

    BalasHapus
  29. Terima kasih, semoga jadi ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  30. Terima kasih. Artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  31. Terima kasih atas artikel dan ilmunya.
    -Winda Permata Putri

    BalasHapus
  32. terimakasih pak atas artikelnya pak. semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  33. Terima kasih pak semoga bermanfaat

    BalasHapus
  34. sangat membantu dan bermanfaat

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah terimakasih pak atas artikelnya semoga bermanfaat untuk kita semua..

    BalasHapus
  36. Afifah Ikrimah, kelas 5BA
    Terima kasih sir atas ilmunya

    BalasHapus
  37. Qonita Milatina, 5BC alhamdulillah terima kasih ilmunya sir artikelnya sangat menarik.

    BalasHapus
  38. Terimakasih pak atas materi singkat nya, sangat informatif. Fitria~

    BalasHapus
  39. terimakasih pak atas materinya. -Dita

    BalasHapus
  40. alhamdulillah ilmunya sungguh bermanfaat

    BalasHapus
  41. Terima kasih sir atas materinya,sangat bermanfaat. ~Mutiara

    BalasHapus
  42. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  43. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat-Al Fajri

    BalasHapus
  44. Sangat informatif sekali - Nyayu Annisa 5Bc

    BalasHapus
  45. Terima Kasih informasinya pak, bisa dipahami.

    BalasHapus
  46. Sangat informatif sekali terima kasih - Nyayu Annisa Nurul qolbi 5Bc

    BalasHapus
  47. saya dapat memahami materi dengan baik, terimakasih atas pembahasannya pak

    BalasHapus
  48. Informasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏
    -ElsaWahyuni

    BalasHapus
  49. terima kasih pak, informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  50. terima kasih banyak sir. informasi sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  51. Terima kasih pak untuk materinya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  52. Terima kasih pak, materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  53. Terima Kawih ilmunya sir.
    Dian Saputra - 5BB

    BalasHapus
  54. Terima Kasih ilmunya sir.
    Dian Saputra - 5BB

    BalasHapus
  55. penjelasannya detail sekali, terima kasih pak, semoga ilmunya bisa saya manfaatkan dengan baik

    BalasHapus
  56. Terima kasih sir, materinya sangat bermanfaat

    -Yoka Zumarni

    BalasHapus
  57. Penjelasannya disusun dengan jelas dan sistematis. Sangat menarik dan mudah dipahami. Terima kasih.

    BalasHapus
  58. Sangat informatif. Terimakasih, pak

    BalasHapus
  59. Terima kasih, materinya mudah dimengerti. - Reuni Handayani

    BalasHapus
  60. Terimakasih sir Informasinya 🙏 -Arum Retno NWd

    BalasHapus
  61. Terima kasih atas ilmunya.. Blog yg sangat membantu dan bermanfaat tentunya 👍

    BalasHapus
  62. Terimakasih atas informasinya Pak. Sangat bermanfaat dan informatif

    BalasHapus
  63. Informasinya sangat bermanfaat, terimakasih atas materinya.

    BalasHapus
  64. terimakasih atas ilmu dan pengetahuannya sir, - M Rafly HR Polsri Bahasa Inggris 5BD

    BalasHapus
  65. Terimakasih atas materi dan informasinya, mudah dimengerti dan dipahami 🙏

    BalasHapus
  66. terimakasih atas blognya dan infonya - 5BD_Lara Finandita

    BalasHapus
  67. Terima kasih atas materi nya Pak 🙏 Sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  68. Terimakasih atas materinya sir, informatif dan mudah dipahami

    BalasHapus
  69. terima kasih atas materi dan informasi yang diberikan sir. -Ivano armayudha 5BD-

    BalasHapus
  70. Informasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏

    BalasHapus
  71. Terimakash atas penjelasannya sir, sangat membantu. -Tanniah Dwi Pratwi (5BD)

    BalasHapus
  72. Sangat bermanfaat pak, terimakasih atas penjelasannya pak🙏

    BalasHapus
  73. Terima kasih atas penjelasannya sir sangat mudah di pahami

    BalasHapus
  74. Sangat bermanfaat pak, terimakasih atas penjelasannya pak🙏 ( Ovia Melinda 5BD English Department)

    BalasHapus
  75. Informasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏

    BalasHapus
  76. Terima kasih Pak🙏 Informasinya sangat bermanfaat dan mudah di fahami

    BalasHapus
  77. Terima kasih pak, informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  78. Terima kasih atas materi yg sangat bermanfaat ini pak

    BalasHapus
  79. Terima kasih atas blognya sir, materinya sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang jasa dan Kualitas Pelayanan

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat��

    BalasHapus
  82. Terimakasih pak, materinya mudah untuk dipahami dan sangat bermanfaat pak

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Tulisan yang baik dan mudah untuk dipahami. Informasi yang diberikan sangat berguna untuk menambah wawasan tentang jasa

    BalasHapus
  85. informasinya sangat bermanfaat pak dan penjelasannya juga mudah dimengerti, terima kasih pak

    BalasHapus
  86. Tulisannya sangat berisi informasi yang edukatif mengenai jasa dan kualitas pelayanan di pariwisata.. terimakasih

    BalasHapus
  87. Terima kasih atas materinya pak, sangat membantu dan mudah dipahami

    BalasHapus
  88. terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk saya belajar

    BalasHapus
  89. penjelasan mengenai kulitas jasa pelayanan ini sangat bermanfaat dan membantu saya untuk lebih mudah memahaminya, terima kasih atas ilmu dan pengetahuannya

    BalasHapus
  90. Ilmu yang bermanfaat, blog ini memberikan kepada saya informasi yang edukatif tentang hospitality industry

    BalasHapus
  91. Materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Terima kasih atas ilmu dan materinya.

    BalasHapus
  92. Terimakasih pak blog ini memberikan informasi yang kami butuhkan

    BalasHapus
  93. Terimakasih pak atas materi yang diberikan

    BalasHapus
  94. terimakasih pak, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami untuk kalangan mahasiswa

    BalasHapus
  95. terimakasih pak, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami - rifa afifah isdiyan ( 5BA )

    BalasHapus
  96. Terimakasih pak. Materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  97. Terimakasih blog nya sangat bermanfaat pak 🙏

    BalasHapus
  98. Terimakasih pak atas informasi materinya. Sangat membantu.
    Helsa Silvia 5 BA

    BalasHapus
  99. Bahasa nya mudah dimengerti dan sangat jelas sekali

    BalasHapus
  100. Terima kasih pak infonya sangat jelas dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  101. Terima kasih pak infonya sangat jelas dan mudah di mengerti
    Dina Anggraini 5BC

    BalasHapus
  102. terima kasih pak, infonya sangat jelas mudah untuk dipahami
    Abdul roni alhafiz 5BC

    BalasHapus
  103. Terimakasih atas info yang diberikan

    BalasHapus
  104. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  105. Terimakasih sir untuk materi yang diberikan. Sangat bermanfaat terutama untuk bidang hospitality industry. (Jihanluthfi 5BC)

    BalasHapus
  106. Terima kasih pak materinya sangat jelas sehingga mudah dimengerti
    Yosyadista 5BC

    BalasHapus
  107. Terima kasih pak materi nya sangat jelas sehingga mudah dimengerti
    Yosyadista 5BC

    BalasHapus
  108. Terimakasih atas infonya pak, sangat mudah dipahami dan jelas
    Ahmad Chaidir 5BC

    BalasHapus
  109. Terima kasih sir, infonya sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  110. Terima kasih sir, infonya sangat bermanfaat dan mudah dipahami (Masayu Sonia Saphira 5BC)

    BalasHapus
  111. Terima kasih sir untuk informasinya sngt bermanfaat🙏

    BalasHapus
  112. Terima Kasih Sir atas Ilmu & Informasinya

    BalasHapus
  113. informasi yang sangat bermanfaat dan disajikan dengan bahasa yang mudah di mengerti,terima kasih sir
    Deft Silisia 5BC

    BalasHapus
  114. Terimakasih atas ilmu yang diberikan sir cukup bisa dimengerti
    Putri Ayu 5BC

    BalasHapus
  115. informasi sekaligus ilmu yang sangat bermanfaat dengan bahasa yang sangat mudah untuk dipahami. Terima kasih sir.
    Dita Nurhasanah, 5 BC

    BalasHapus
  116. Terima kasih atas infonya sir. Sangat bermanfaat🙏
    Anisa Fitri 5BC

    BalasHapus
  117. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  118. ilmu dan informasi yg sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang pariwisata, terima kasih sir.
    Krestianti, 5BC

    BalasHapus
  119. terima kasih infonya sir, sangat bermanfaat dan mudah di mengerti (Rizqi Atiiqah Putri 5BC)

    BalasHapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  121. Terimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat
    - Muhammad sabari 5BB

    BalasHapus
  122. Terimakasih atas materinya. Sangat jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  123. Terimakasih atas materinya pak (Fiorina Chukwu - 5BB)

    BalasHapus
  124. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  125. Terimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat 🙏

    BalasHapus
  126. Terima kasih infonya sir, sangat bermanfaat sekali dan mudah di pahami 🙏🏻👍 -Hikma Damai Rika 5BB

    BalasHapus
  127. Materinya sangat bermanfaat pak. Terimakasih telah berbagi ilmu🙏

    BalasHapus
  128. Materinya mudah dipahami, Terimakasih - Mariyah Tulqibthiyah

    BalasHapus
  129. Terimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat 🙏
    - Anisa Ramadhania 5BB

    BalasHapus
  130. Terimakasih atas informasi dan materinya pak, sangat bermanfaat 👍 (Allyah Febrina M / 5BB)

    BalasHapus
  131. Penjelasan dan penjabaran dari jasa dan pelayanan mudah dipahami dan dimengerti. Terimakasih atas materinya, pak. Sangat membantu. (19. Sulis Kholifah, 5BB )

    BalasHapus
  132. Materi diatas disajikan dengan jelas. Saya dapat memahaminya dengan mudah dan tentunya sangat bermanfaat. terima kasih pak..

    BalasHapus
  133. terimakasih pak, materinya dapatdipahami
    -Tharisya Dhyanti Fazwa 5BB

    BalasHapus
  134. Terima kasih atas materinya pak. Materinya jelas dan mudah dipahami. (Viorin Kika Anggani-5BB)

    BalasHapus
  135. Materinya sangat bermanfaat, terimakasih atas materinya, pak. Sukses selalu. (Tammy R. P -5BB)

    BalasHapus
  136. Terimakasih atas materinya pak, penjelasan nya mudah dipahami dan dimengerti serta sangat bermanfaat (13. Ersa Mayora/ 5BB)

    BalasHapus
  137. Terima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  138. Penjelasannya mudah di pahami dan sangat jelas. Terimakasih atas materiny,sangat menambah wawasan

    BalasHapus
  139. Penjelasannya mudah di pahami dan sangat jelas, terimakasih atas materiny sangat bermanfaat dan menambah wawasan
    -Fitri Salsabila, 5BB

    BalasHapus
  140. Materi pada blog ini bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih karena blog ini proses pembelajaran saya tentang jasa dan kualitas pelayanan bisa lebih di mengerti (18. Regieta Syahrani 5BB)

    BalasHapus
  141. Terima kasih atas info yang sudah diberikan sir, penjelasannya pun mudah dipahami dan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu (Tiara Sakina 5BD)

    BalasHapus
  142. Terima kasih atas materinya. Sangat mudah dipahami dan bermanfaat

    BalasHapus
  143. Terima kasih atas materinya sir🙏 sangat bermanfaat dan penjelasannya mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  144. Terima kasih sir, info nya sangat bermanfaat dan sangat mudah dipahami sir
    -Khanza Naurabella

    BalasHapus
  145. thankyou informasi dan pengetahuannya sir (BD)

    BalasHapus
  146. Materinya mudah dipahami, jadi menambah ilmu

    BalasHapus
  147. Terima kasih atas materinya karena materinya sangat bermanfaat dan mudah dimengerti. bagi untuk menambah wawasan kita mengenai "jasa dan kualitas pelayanan" materi blog ini merupakan salah satu yang terbaik...
    (13. M.Aji Wiraguna 5BD)

    BalasHapus
  148. Terima kasih atas materinya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami 🙏🏻

    BalasHapus
  149. Terimakasih infonya sir🙏
    (Putri elviani 5BD)

    BalasHapus
  150. thankyou informasi dan pengetahuannya sir (Winda.BD)

    BalasHapus
  151. Terima kasih pak, penjelasan atas materi serta penjabarannya sangat mudah dimengerti dan menambah ilmu pengetahuan
    (Andalas Murwani P 5BD)

    BalasHapus
  152. Terima kasih materinya sir, sangat bermanfaat dan penjelasannya mudah dipahami (Sherly Oktaviano 5BD)

    BalasHapus
  153. Terima kasih atas materinya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami sir🙏 (Indah Noverika 5BD)

    BalasHapus
  154. Terima kasih materinya sir, sangat bermanfaat dan penjelasannya mudah dipahami (Sherly Oktaviani 5BD)

    BalasHapus
  155. Teimakasih atas informasinya pak, penjelasan mudah dipahami dan sangat bermanfaat
    (Aisyah Cicha Safira 5BD)

    BalasHapus
  156. Terima kasih sir atas ilmu yang diberikan pada blog ini mengenai Jasa dan Kualitas Pelayanan sangat mudah dipahami dan menambah wawasan baru.
    (Tri Dheka Wati 5BD)

    BalasHapus
  157. Terima kasih pak leo atas materinya tentang jasa dan kualitas pelayanan,materinya sangat jelas sehingga mudah untuk dipahami (03. Vannessa Rudi)

    BalasHapus
  158. penjelasannya mudah dipahami dan blog ini sangat bermanfaat (Dhea Anggraini, 5 BD)

    BalasHapus
  159. Terima kasih atas informasi mengenai Jasa dan Kualitas pelayanan, materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  160. Materi yang diberikan jelas dan bahasanya mudah dipahami. Terima kasih sir, sukses selalu
    -Rindi Yunita Sari 5BD-

    BalasHapus
  161. terimakasih atas informasinya pak sangat bermanfaat
    (Yunisa Patmawati 5BD)

    BalasHapus
  162. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami mengenai Jasa dan kualitas pelayanan (Trilisa Nuhuda 5BD)

    BalasHapus
  163. Terima kasih atas materinya mengenai Jasa dan Kualitas pelayanan, materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Tidak sulit untuk dimengerti ( indah Nabila 5BD)

    BalasHapus