Ada yang dapat saya bantu....?

Tourism

Minggu, 27 Januari 2013

Ciri Khas Pelayanan Industri Jasa (bag. 2)




 Jasa dan Kualitas Pelayanan


2. Kualitas Pelayanan                                                                                                  

    American Society for Quality Control dalam Kotler (1997: 49) mendefinisikan bahwa kualitas adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau yang tersirat.
    Pengertian pelayanan secara umum adalah suatu usaha untuk membantu menyiapkan dan mengurus apa yang diperlukan oleh orang lain (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dengan pengertian tersebut tersirat adanya aktivitas individu untuk melakukan sesuatu atas dasar kebutuhan orang lain.
    Kualitas pelayanan (service quality) terjadi karena adanya perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka terima (perceived service) dengan pelayanan yang sesungguhnya diharapkan (expected service). Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka pelayanan dapat dinilai bermutu, sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka pelayanan dinilai tidak bermutu, dan apabila kenyataan sama dengan harapan konsumen (wisatawan), maka pelayanan dinilai memuaskan, sehingga kualitas pelayanan merupakan seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima (Parasuraman dalam Lupiyoadi, 2001: 148).
Parasuraman (Lupiyoadi, 2001: 148) memberikan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari:
1.   Tangibles (bukti fisik), yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak luar, yang berupa keadaan sarana dan prasarana fisik perusahaan sebagai bukti nyata dari pelayanan yang diberikan, seperti gedung, peralatan komunikasi, teknologi modern, bentuk promosi, penampilan karyawan dan lain-lain.

2.    Reliability, (keandalan) yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan, sepert ketepatan waktu, perlakuan pelayanan yang sama kepada seluruh pelanggan, sikap yang simpatik dan lain-lain.

3.    Responsivenes (tanggap), yaitu suatu kemampuan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada pelanggan dengan memberikan informasi yang jelas. Membiarkan konsumen menunggu tanpa adanya suatu alasan yang jelas akan menyebabkan persepsi yang negatif.

4.    Assurance (jaminan/ kepastian), yaitu pengetahuan, kesopanan dan  kemampuan para karyawan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen dengan adanya komunikasi, kredibilitas, keamanan, kompetensi dan sopan santun.

5.    Empathy, yaitu memberikan perhatian yang tulus kepada pelanggan dengan memahami keinginan dan kebutuhannya. (Alf)


Leo_____________________________________


Pustaka:
Kotler, P. 1997. Marketing Manajemen. Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Leofaragusta, A. 2003. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung. Karya Tulis. Yogyakarta.
Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Parasuraman, A., V. Zaitaml,. L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of  Service Quality. Journal of  Retailing, 64: 12-40.

154 komentar:

  1. Dapat di pahami dan gDapat di simpulkan bahwasanya ada 5 dimensi dalam kualitas pelayanan yang dimana kita sebagai jasa servise harus memperhatikan ke 5 dimensi tersebut agar tidak terjadi nya complaint

    BalasHapus
  2. Sangat membantu dalam pemahaman ttg pelayanan terimakasih blog 🙏🙏

    BalasHapus
  3. Bagaimana jika suatu perusahaan telah menetapkan GSP(general service procedure)dalam melakukan pelayanan dan GSP tersebut tidak sesuai ekspektasi tamu dapatkan padahal gsp yg di buat tentunya sudah baik dan bagus akan tetapi ada beberapa tamu yg tidak pernah puas atas apa yg mereka dptkan

    BalasHapus
  4. Sangat membantu dlm pemahaman tentang pelayanan

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻

    BalasHapus
  6. Sangat membantu dan bermanfaat ilmunya terima kasih blognya

    BalasHapus
  7. dalam memberikan pelayanan yang tulus kepada tamu, kita harus mengetahuai terlebih dahalu karakteristik tamu dan bagaimana kita bisa mengatahui karekteristik dari tamu tersebut

    BalasHapus
  8. Sangat membantu proses pembelajaran tentang ciri khas pelayanan industri jasa

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas blog nya materi ini sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang ciri ciri khas pelayanan jasa khususnya dalam 5 dimensi kualitas pelayanan yg dimana kita perlu perhatikan sehingga tidak akan terjadi adanya complaint dari tamu tersebut 🙏

    BalasHapus
  10. Teri kasih blog ini sangat membantu dan menambah pengetahuan 🙏

    BalasHapus
  11. Terimakasih, materi yang sangat membantu

    BalasHapus
  12. Terima kasih Pak, ilmunya sangat insightful 🙏

    BalasHapus
  13. Terima kasih pak, materinya sangat bermanfaat🙏

    BalasHapus
  14. terimakasih pak🙏🏻 mudah dipahami dan menambah pengetahuan

    BalasHapus
  15. Makasih pak,ilmu nya sangat bermanfaat bagi saya🙏

    BalasHapus
  16. Nice information, hope this can help increase the knowledge of many people.

    BalasHapus
  17. Thank you for this informative article sir

    BalasHapus
  18. Sangat bermanfaat ilmunya pak 👍
    -Nadia Ramadhani

    BalasHapus
  19. Terima kasih, pak. Artikelnya informatif dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  20. Terimakasih atas artikelny pak, ini sangat membantu 👍

    BalasHapus
  21. terimakasih pak, sangat membantu memahami materi kualitas pelayanan

    BalasHapus
  22. Banyak sekali info yang sangat berguna. Terima kasih, pak.
    - Winda Permata Putri

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. terimakasih atas artikelnya pak. semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  25. Terimakasih banyak pak infonya banyak sekali ilmu yang bisa diambil

    BalasHapus
  26. terima kasih atas artikelnya sir, sangat membantu dan bermanfaat.

    BalasHapus
  27. Terima kasih atas artikelnya sir, sangat membantu dan bermanfaat

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  29. Afifah Ikrimah, kelas 5BA
    Terima kasih sir atas ilmunya
    Saya ada pertanyaan sir terkait persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan. Hal ini berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Bagaimana sir caranya menjaga loyalitas pelanggan agr, awalnya hanya sementara, tapi loyal terhadap produk kita melalui pelayanan?

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah terimakasih pak atas artikelnya semoga bermanfaat untuk kita semua..

    BalasHapus
  31. terima kasih atas artikelnya yang sangat menambah wawasan kami sir.

    BalasHapus
  32. Qonita Milatina, 5BC terimakasih sir atas artikelnya semoga bermanfaat untuk para pembaca.

    BalasHapus
  33. habis baca artikel ini, jadi dapat menambah ilmu mengenai pelayanan.Terimakasih pak atas infonya~Fitria

    BalasHapus
  34. sangat bermanfaat dan menambah ilmu

    BalasHapus
  35. artikelnya informatif dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  36. Terima Kasih pak atikelnya. mudah di pahami dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  37. materi sangat bermanfaat dan membantu saya dalam memahami tentang pelayanan, terimakasih.

    BalasHapus
  38. Terima kasih informasi sir, sangat bermanfaat-Al Fajri

    BalasHapus
  39. Stepah dibaca ilmu nya sangat bermanfaat dan blog yang tertulis juga informatif sekali terima kasih atas Ilmu nya sir- Nyayu Annisa 5Bc

    BalasHapus
  40. Informasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏
    -ElsaWahyuni

    BalasHapus
  41. informasi nya sangat bermanfaat, terima kasih sir🙏🏻 - Shabna Suci Alamsyah 5BC

    BalasHapus
  42. Terimakasig pak, atas materinya sangat membantu - Dita

    BalasHapus
  43. Materinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya sir

    BalasHapus
  44. materinya sangat bermanfaat, terima kasih sir

    BalasHapus
  45. Terima Kasih Ilmunya Sir.
    Dian Saputra - 5BB

    BalasHapus
  46. terima kasih atas artikelnya, pak.. semoga ilmunya bisa saya manfaatkan dengan baik

    BalasHapus
  47. terima kasih banyak sir informasi ini sangat bermanfaat sekali.
    Miranda Yolavita 5BB

    BalasHapus
  48. Terima kasih sir, ilmunya sangat bermanfaat

    -Yoka Zumarni

    BalasHapus
  49. Terima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  50. Terimakasih sir ilmunya🙏 -Arum Retno NWd

    BalasHapus
  51. Terimakasih sir. Ilmunya sangat bermanfaat
    -Reuni Handayani

    BalasHapus
  52. Sangat bermanfaat, terima kasih pak

    BalasHapus
  53. Siti Sa'adatul Maryam

    Terima kasih untuk ilmunya sir

    BalasHapus
  54. Thankyou for information sir
    -Rendy Tandaiman

    BalasHapus
  55. Terima kasih atas ilmunya.. Blog yg sangat membantu dan bermanfaat tentunya 👍

    BalasHapus
  56. Terimakasih atas materi dan informasinya yang sangat bermanfaat, mudah dimengerti dan dipahami 🙏

    BalasHapus
  57. Terimakasih atas informasinya Pak. Sangat bermanfaat dan informatif sekali :)

    BalasHapus
  58. Terimakasih atas materi nya sir, informatif dan mudah untuk dipahami🙏👍

    BalasHapus
  59. Terima kasih atas materi dan informasi nya Pak, sangat bermanfaat dan mudah dimengerti.

    BalasHapus
  60. Terimakasih atas informasinya sir - 5bd_Lara Finandita

    BalasHapus
  61. Terimakasih atas materi nya sir, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  62. Terimakasih atas informasinya pak, materinya sangat membantu.

    BalasHapus
  63. Terima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.👍🏼🙏🏻

    BalasHapus
  64. Terimakasih Sir atas informasinya. -Tanniah Dwi Pratiwi (5BD)

    BalasHapus
  65. terima kasih atas materinya sir.. Sangat bermanfaat -Ivano Armayudha 5BD-

    BalasHapus
  66. terimakasih sir, sangat bermanfaat ilmunya sir -M Rafly HR 5BD

    BalasHapus
  67. Terima Kasih Sir atas materinya sangat membantu

    BalasHapus
  68. Terima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.👍🏼🙏🏻
    #Herik Sanjaya 5BD

    BalasHapus
  69. Materinya sangat membantu pak, terimakasih banyak -Ovia Melinda 5BD

    BalasHapus
  70. Terima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.👍🏼🙏🏻 - 5BD

    BalasHapus
  71. Terima kasih atas tulisannya, sir. Sangat bermanfaat bagi saya🙏🏻

    BalasHapus
  72. Terima kasih pak🙏 Informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  73. Terima kasih atas tulisannya pak, sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  74. Terimakasih atas materinya, terimakasih pak

    BalasHapus
  75. Terima kasih atas materinya pak , sanagt bermanfaat dan membantu saya untuk belajar

    BalasHapus
  76. Terima kasih atas materinya pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  77. Terima kasih atas informasi yang diberikan, pak.

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Terima kasih sir atas informasinya, sangat berguna sehingga saya lebih mamahami mengenai Kualitas Pelayanan

    BalasHapus
  80. Terima kasih pas atas materinya, penjelasannya sangat menbantu saya untuk lebih mengerti mengenai ciri khas jasa pelayanan

    BalasHapus
  81. terimakasih pak, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami untuk kalangan mahasiswa

    BalasHapus
  82. Blog berisi informasi yang edukatif. Setelah memahami topik tentang jasa, kini saya paham bahwa pada topik kualitas pelayanan bahwa kualitas pelayanan terjadi dikarenakan perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka terima (perceived service) dengan pelayanan yang sesungguhnya diharapkan (expected service) serta terdapat 5 dimensi pada kualitas pelayanan

    BalasHapus
  83. terima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  84. Terima kasih pak, sangat membantu🙏 (allya)

    BalasHapus
  85. cara penulisan materi dan informasinya sangat mudah untuk dipahami pak, terima kasih

    BalasHapus
  86. Terimakasih pak. Materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  87. Terimakasih blog nya sangat bermanfaat pak 🙏 (Yuni)

    BalasHapus
  88. terimakasih pak, sangat bermanfaat dan mudah dipahami materinya - rifa afifah isdiyan.

    BalasHapus
  89. Terimakasih pak atas informasi materinya. Sangat membantu dan mudah dipahami

    BalasHapus
  90. Terimakasih pak atas informasi materinya. Sangat membantu dan mudah dipahami. - Helsa Silvia, 5 BA

    BalasHapus
  91. Terimakasih sir atas materi nya sangat membantu dan bermanfaat bagi saya
    Dina 5BC

    BalasHapus
  92. terimakasih pak, materinya sangat membanyu dan mudah dipahami pak
    Abdul Roni Al hafiz 5BC

    BalasHapus
  93. Terimakasih atas materinya sir, materi ini sangat bermanfaat dan mudah dimengerti. (Jihan luthfi 5BC)

    BalasHapus
  94. Terimakasih atas materi yang diberikan sir
    Ahmad Chaidir 5BC

    BalasHapus
  95. Wahhh terima kasih sir untuk ilmunyaa🙏

    BalasHapus
  96. Terima kasih sir materinya sangat jelas sehingga mudah dimengerti, dan menambah pengetahuan ttng pelayanan

    BalasHapus
  97. Terima kasih atas materinya sir, sangat bermanfaat dan mudah dimengerti (Masayu Sonia Saphira 5BC)

    BalasHapus
  98. Terima Kasih Sir atas Ilmu & Informasinya

    BalasHapus
  99. terima kasih untuk materi nya sir sangat bermanfaat
    Deft Silisia 5BC

    BalasHapus
  100. Terimakasih atas infonya sir
    Rezki Yanto 5BC

    BalasHapus
  101. Terimakasih atas informasi yang telah di berikan sir
    Putri Ayu 5BC

    BalasHapus
  102. ilmu yang sangat bermanfaat. Terima kasih sir.
    Dita Nurhasanah, 5BC

    BalasHapus
  103. Terima kasih atas informasinya sir. elas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  104. sangat membantu memperluas wawasan tentang pariwisata, terima kasih pak

    BalasHapus
  105. mudah di pahami dan menambah wawasan, terima kasih sir
    Krestianti, 5BC

    BalasHapus
  106. terima kasih infonya sir, sangat bermanfaat dan mudah di mengerti (Rizqi Atiiqah Putri 5BC)

    BalasHapus
  107. Terimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat
    - Muhammad sabari 5BB

    BalasHapus
  108. Dapat dipahami bahwa kualitas pelayanan dapat terjadi karena adanya hubungan antara presepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka dapat dan kenyataan sesungguhnya atas pelayanan yang mereka dapatkan. Sangat membantu dan mudah dipahami, terimakasih, pak (19. Sulis Kholifah, 5BB)

    BalasHapus
  109. Terimakasih atas materinya. Sangat membantu dan bermanfaat serta mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  110. Terima kasih atas materinya sir, sangat bermanfaat sekali dan mudah di pahami👍 -Hikma Damai Rika 5BB

    BalasHapus
  111. Terimakasih atas materi yang sangat bermanfaat ini pak, cukup mudah untuk dipahami👍 (Allyah Febrina M / 5BB)

    BalasHapus
  112. Terimakasih atas materinya pak, mudah dipahami dan sangat bermanfaaf 🙏-Anisa Ramadhania 5BB

    BalasHapus
  113. Kualitas pelayanan terhadap tamu ternyata memang sangat penting. Terimakasih atas materinya pak. Sehat selalu.
    -Dea Andestia, 5BB

    BalasHapus
  114. Terimakasih atas ilmunya, sir 🙏 Sangat bermanfaat dan mudah dipahami.
    - Mariyah Tulqibthiyah, 5BB

    BalasHapus
  115. Terima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat dan mudah dipahami.
    -Viorin Kika Anggani,5BB

    BalasHapus
  116. Terima kasih atas materinya pak, mudah dipahami dan sangat bermanfaat sehingga mengetahui pentingnya kualitas pelayanan. (13. Ersa Mayora/ 5BB)

    BalasHapus
  117. Penjelasannya mudah di pahami dan sangat jelas, terimakasih atas materiny sangat.
    -Fitri Salsabila, 5BB

    BalasHapus
  118. Terima kasih atas materinya, Pak. Setelah membaca materi di atas, saya jadi lebih memahami bahwa quality service sangatlah penting.

    BalasHapus
  119. terimakasi atas materi ini pak, dapat dipahami dengan baik. saya jadi tau apa saja dimensi kualitas pelayanan. (Tharisya Dhyanti Fazwa, 5BB)

    BalasHapus
  120. Terimakasih atas materi yang bermanfaat ini, pak. Penjelasannya mudah dipahami. Sukses selalu, pak. (Tammy R.P-5BB)

    BalasHapus
  121. terima kasih atas materi yang diberikan sangat berguna

    BalasHapus
  122. Terima kasih atas info yang sudah diberikan sir, penjelasannya pun mudah dipahami dan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu (Tiara Sakina 5BD)

    BalasHapus
  123. Terima kasih atas materi yang diberikan. Sangat berguna untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  124. Materi yang diberikan sangat jelas dan ringkas sehingga mudah dipahami, terima kasih sir

    BalasHapus
  125. Terima kasih sangat mudah dipahami, dan point” tentang jasa kualitas pelayanan pun mudah untuk dimengerti
    -Khanza Naurabella

    BalasHapus
  126. Terima kasih atas materinya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami sir 🙏
    -Indah Noverika-

    BalasHapus
  127. Materi yang diberikan jelas dan bahasanya mudah dipahami. Terima kasih sir, sukses selalu!
    -Rindi Yunita Sari 5BD-

    BalasHapus
  128. Blog nya sangat bermanfaat sekali, banyak materi terkait hospitality yang bisa kita baca di sini, tentunya sangat lengkap dan mudah dipahami. Terima kasih 🙏🏻

    BalasHapus
  129. Blog nya sangat bermanfaat sekali, banyak materi terkait hospitality yang bisa kita baca di sini, tentunya sangat lengkap dan mudah dipahami. Terima kasih 🙏🏻 (Putri Asia Septarina)

    BalasHapus
  130. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami mengenai Jasa dan kualitas pelayanan.

    BalasHapus
  131. Terima kasih atas materinya, sir. penjelasannya sangat jelas dan mudah dipahami (Dhea Anggraini, 5 BD)

    BalasHapus
  132. Materi yang diberikan sangat jelas dan mudah dipahami. Terima kasih🙏🏻
    (Aisyah Cicha Safira 5BD)

    BalasHapus
  133. Menurut saya, materinya sangat mudah dipahami karena point" penting tentang kualitas pelayanan sudah sangat dijelaskan secara terperinci
    (M.Aji Wiraguna 5BD)

    BalasHapus
  134. Terimakasih sir atas informasi yang diberikan dalam blog ini, sangat beanfaat dan menambah wawasan baru.
    (Tri Dheka Wati 5BD)

    BalasHapus
  135. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami mengenai Jasa dan kualitas pelayanan (Trilisa Nurhuda)

    BalasHapus
  136. Thankyou atas informasinya,bisa menambah wawasan jugaa (Winda Viriyalines.5BD)

    BalasHapus
  137. terimakasih atas informasinya sir, sangat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan
    (Yunisa patmawati 5BD)

    BalasHapus
  138. Penjelasan materi sangat jelas dan mudah dipahami, terima kasih sir (Sherly Oktaviani 5BD)

    BalasHapus
  139. Terimakasih atas infonya sir🙏
    (Putri Elviani 5BD)

    BalasHapus
  140. Terima kasih pak leo atas materinya tentang kualitas pelayanan,materinya sangat jelas sehingga mudah untuk dipahami (03. Vannessa Rudi)

    BalasHapus
  141. Terima kasih atas materinya sir karena sangat jelas dan mudah dimengerti(Indah Nabila 5 Bd)

    BalasHapus
  142. Materinya jelas dan pemilihan kata" nya juga baik jadi saya mudah memahami intri dari blog ini, terimakasih🙏

    BalasHapus
  143. Terimakasih atas infonya sir, banyak sekali ilmu yang bisa diambil dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus