Jasa dan Kualitas Pelayanan
2. Kualitas
Pelayanan
Pengertian pelayanan secara umum adalah
suatu usaha untuk membantu menyiapkan dan
mengurus apa yang diperlukan oleh orang lain (Kamus Besar
Bahasa Indonesia). Dengan pengertian
tersebut tersirat adanya aktivitas individu
untuk melakukan sesuatu atas dasar kebutuhan orang lain.
Kualitas pelayanan (service quality) terjadi karena adanya perbandingan dua faktor
utama yaitu persepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka terima (perceived service) dengan pelayanan yang
sesungguhnya diharapkan (expected service).
Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka pelayanan dapat dinilai
bermutu, sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka pelayanan
dinilai tidak bermutu, dan apabila kenyataan sama dengan harapan konsumen
(wisatawan), maka pelayanan dinilai memuaskan, sehingga kualitas pelayanan
merupakan seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas
pelayanan yang mereka terima (Parasuraman dalam Lupiyoadi, 2001: 148).
Parasuraman (Lupiyoadi, 2001: 148) memberikan lima
dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari:
1. Tangibles (bukti fisik), yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam
menunjukkan eksistensinya kepada pihak luar, yang berupa keadaan sarana dan
prasarana fisik perusahaan sebagai bukti nyata dari pelayanan yang diberikan,
seperti gedung, peralatan komunikasi, teknologi modern, bentuk promosi,
penampilan karyawan dan lain-lain.
2. Reliability, (keandalan) yaitu kemampuan perusahaan untuk
memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya.
Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan, sepert ketepatan waktu,
perlakuan pelayanan yang sama kepada seluruh pelanggan, sikap yang simpatik dan
lain-lain.
3. Responsivenes (tanggap), yaitu suatu kemampuan untuk membantu dan
memberikan pelayanan yang cepat (responsif)
dan tepat kepada pelanggan dengan memberikan informasi yang jelas. Membiarkan
konsumen menunggu tanpa adanya suatu alasan yang jelas akan menyebabkan
persepsi yang negatif.
4. Assurance (jaminan/ kepastian), yaitu pengetahuan, kesopanan
dan kemampuan
para karyawan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen dengan adanya komunikasi,
kredibilitas, keamanan, kompetensi dan sopan santun.
5. Empathy, yaitu memberikan perhatian yang tulus kepada pelanggan
dengan memahami keinginan dan kebutuhannya. (Alf)
Leo_____________________________________
Pustaka:
Kotler,
P. 1997. Marketing Manajemen. Ninth
Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Leofaragusta,
A. 2003. Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung. Karya Tulis.
Yogyakarta.
Lupiyoadi,
R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori
dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Parasuraman,
A., V. Zaitaml,. L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring
Consumer Perceptions of Service Quality.
Journal of Retailing, 64: 12-40.
Dapat di pahami dan gDapat di simpulkan bahwasanya ada 5 dimensi dalam kualitas pelayanan yang dimana kita sebagai jasa servise harus memperhatikan ke 5 dimensi tersebut agar tidak terjadi nya complaint
BalasHapusSangat membantu dalam pemahaman ttg pelayanan terimakasih blog 🙏🙏
BalasHapusBagaimana jika suatu perusahaan telah menetapkan GSP(general service procedure)dalam melakukan pelayanan dan GSP tersebut tidak sesuai ekspektasi tamu dapatkan padahal gsp yg di buat tentunya sudah baik dan bagus akan tetapi ada beberapa tamu yg tidak pernah puas atas apa yg mereka dptkan
BalasHapusSangat membantu dlm pemahaman tentang pelayanan
BalasHapusTerimakasih atas blog nya. Membantu sebagai salah 1 acuan materi pembelajaran 🙏🏻
BalasHapusSangat membantu dan bermanfaat ilmunya terima kasih blognya
BalasHapusdalam memberikan pelayanan yang tulus kepada tamu, kita harus mengetahuai terlebih dahalu karakteristik tamu dan bagaimana kita bisa mengatahui karekteristik dari tamu tersebut
BalasHapusSangat membantu proses pembelajaran tentang ciri khas pelayanan industri jasa
BalasHapusTerima kasih atas blog nya materi ini sangat berguna dan juga memberikan pengetahuan tentang ciri ciri khas pelayanan jasa khususnya dalam 5 dimensi kualitas pelayanan yg dimana kita perlu perhatikan sehingga tidak akan terjadi adanya complaint dari tamu tersebut 🙏
BalasHapusTeri kasih blog ini sangat membantu dan menambah pengetahuan 🙏
BalasHapusTerimakasih, materi yang sangat membantu
BalasHapusSangat membantu pak, Terimakasih
BalasHapusTerima kasih Pak, ilmunya sangat insightful 🙏
BalasHapusTerima kasih pak, materinya sangat bermanfaat🙏
BalasHapusterimakasih pak🙏🏻 mudah dipahami dan menambah pengetahuan
BalasHapusMakasih pak,ilmu nya sangat bermanfaat bagi saya🙏
BalasHapusTerimakasih informasinya sir 🙏
BalasHapusNice information, hope this can help increase the knowledge of many people.
BalasHapusArtikel ini membantu
BalasHapusThank you for this informative article sir
BalasHapusSangat bermanfaat ilmunya pak 👍
BalasHapus-Nadia Ramadhani
Terima kasih, pak. Artikelnya informatif dan bermanfaat sekali
BalasHapusTerimakasih atas artikelny pak, ini sangat membantu 👍
BalasHapusterimakasih pak, sangat membantu memahami materi kualitas pelayanan
BalasHapusBanyak sekali info yang sangat berguna. Terima kasih, pak.
BalasHapus- Winda Permata Putri
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterimakasih atas artikelnya pak. semoga ilmunya bermanfaat
BalasHapusTerimakasih banyak pak infonya banyak sekali ilmu yang bisa diambil
BalasHapusterima kasih atas artikelnya sir, sangat membantu dan bermanfaat.
BalasHapusTerima kasih atas artikelnya sir, sangat membantu dan bermanfaat
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat dan mudah dipahami
BalasHapusAfifah Ikrimah, kelas 5BA
BalasHapusTerima kasih sir atas ilmunya
Saya ada pertanyaan sir terkait persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan. Hal ini berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Bagaimana sir caranya menjaga loyalitas pelanggan agr, awalnya hanya sementara, tapi loyal terhadap produk kita melalui pelayanan?
Alhamdulillah terimakasih pak atas artikelnya semoga bermanfaat untuk kita semua..
BalasHapusterima kasih atas artikelnya yang sangat menambah wawasan kami sir.
BalasHapusQonita Milatina, 5BC terimakasih sir atas artikelnya semoga bermanfaat untuk para pembaca.
BalasHapushabis baca artikel ini, jadi dapat menambah ilmu mengenai pelayanan.Terimakasih pak atas infonya~Fitria
BalasHapussangat bermanfaat dan menambah ilmu
BalasHapusartikelnya informatif dan sangat bermanfaat.
BalasHapusTerima Kasih pak atikelnya. mudah di pahami dan semoga bermanfaat
BalasHapusmateri sangat bermanfaat dan membantu saya dalam memahami tentang pelayanan, terimakasih.
BalasHapusTerima kasih informasi sir, sangat bermanfaat-Al Fajri
BalasHapusStepah dibaca ilmu nya sangat bermanfaat dan blog yang tertulis juga informatif sekali terima kasih atas Ilmu nya sir- Nyayu Annisa 5Bc
BalasHapusInformasinya sangat bermanfaat pak, terima kasih🙏
BalasHapus-ElsaWahyuni
terimakasih artikelnya sir
BalasHapusinformasi nya sangat bermanfaat, terima kasih sir🙏🏻 - Shabna Suci Alamsyah 5BC
BalasHapusTerimakasig pak, atas materinya sangat membantu - Dita
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya sir
BalasHapusmaterinya sangat bermanfaat, terima kasih sir
BalasHapusTerima Kasih Ilmunya Sir
BalasHapusTerima Kasih Ilmunya Sir.
BalasHapusDian Saputra - 5BB
terima kasih atas artikelnya, pak.. semoga ilmunya bisa saya manfaatkan dengan baik
BalasHapusterima kasih banyak sir informasi ini sangat bermanfaat sekali.
BalasHapusMiranda Yolavita 5BB
Terimakasih atas ilmunya, pak.
BalasHapusTerima kasih sir, ilmunya sangat bermanfaat
BalasHapus-Yoka Zumarni
Terima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.
BalasHapusTerimaksih Sir Ilmunya🙏
BalasHapusTerimakasih sir ilmunya🙏 -Arum Retno NWd
BalasHapusTerimakasih sir. Ilmunya sangat bermanfaat
BalasHapus-Reuni Handayani
Sangat bermanfaat, terima kasih pak
BalasHapusTerima kasih untuk ilmunya sir
BalasHapusSiti Sa'adatul Maryam
BalasHapusTerima kasih untuk ilmunya sir
Thankyou for information sir
BalasHapus-Rendy Tandaiman
Terima kasih atas ilmunya.. Blog yg sangat membantu dan bermanfaat tentunya 👍
BalasHapusTerimakasih atas materi dan informasinya yang sangat bermanfaat, mudah dimengerti dan dipahami 🙏
BalasHapusTerimakasih atas informasinya Pak. Sangat bermanfaat dan informatif sekali :)
BalasHapusTerimakasih atas materi nya sir, informatif dan mudah untuk dipahami🙏👍
BalasHapusTerima kasih atas materi dan informasi nya Pak, sangat bermanfaat dan mudah dimengerti.
BalasHapusTerimakasih atas informasinya sir - 5bd_Lara Finandita
BalasHapusTerimakasih atas materi nya sir, sangat bermanfaat sekali
BalasHapusTerimakasih atas informasinya pak, materinya sangat membantu.
BalasHapusTerima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.👍🏼🙏🏻
BalasHapusTerimakasih Sir atas informasinya. -Tanniah Dwi Pratiwi (5BD)
BalasHapusterima kasih atas materinya sir.. Sangat bermanfaat -Ivano Armayudha 5BD-
BalasHapusterimakasih sir, sangat bermanfaat ilmunya sir -M Rafly HR 5BD
BalasHapusTerima Kasih Sir atas materinya sangat membantu
BalasHapusTerima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.👍🏼🙏🏻
BalasHapus#Herik Sanjaya 5BD
Materinya sangat membantu pak, terimakasih banyak -Ovia Melinda 5BD
BalasHapusTerima kasih atas informasinya, sir. Ilmunya sangat bermanfaat.👍🏼🙏🏻 - 5BD
BalasHapusTerima kasih atas tulisannya, sir. Sangat bermanfaat bagi saya🙏🏻
BalasHapusTerima kasih pak🙏 Informasinya sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih atas tulisannya pak, sangat bermanfaat bagi saya
BalasHapusTerimakasih atas materinya, terimakasih pak
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak , sanagt bermanfaat dan membantu saya untuk belajar
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih atas informasi yang diberikan, pak.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima kasih sir atas informasinya, sangat berguna sehingga saya lebih mamahami mengenai Kualitas Pelayanan
BalasHapusTerima kasih pas atas materinya, penjelasannya sangat menbantu saya untuk lebih mengerti mengenai ciri khas jasa pelayanan
BalasHapusterimakasih pak, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami untuk kalangan mahasiswa
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak
BalasHapusBlog berisi informasi yang edukatif. Setelah memahami topik tentang jasa, kini saya paham bahwa pada topik kualitas pelayanan bahwa kualitas pelayanan terjadi dikarenakan perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka terima (perceived service) dengan pelayanan yang sesungguhnya diharapkan (expected service) serta terdapat 5 dimensi pada kualitas pelayanan
BalasHapusterima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih pak, sangat membantu🙏 (allya)
BalasHapuscara penulisan materi dan informasinya sangat mudah untuk dipahami pak, terima kasih
BalasHapusTerimakasih pak. Materi nya sangat bermanfaat dan mudah dipahami
BalasHapusTerimakasih blog nya sangat bermanfaat pak 🙏 (Yuni)
BalasHapusterimakasih pak, sangat bermanfaat dan mudah dipahami materinya - rifa afifah isdiyan.
BalasHapusTerimakasih pak atas informasi materinya. Sangat membantu dan mudah dipahami
BalasHapusTerimakasih pak atas informasi materinya. Sangat membantu dan mudah dipahami. - Helsa Silvia, 5 BA
BalasHapusBagus & bermanfaat
BalasHapusTerimakasih sir atas materi nya sangat membantu dan bermanfaat bagi saya
BalasHapusDina 5BC
terimakasih pak, materinya sangat membanyu dan mudah dipahami pak
BalasHapusAbdul Roni Al hafiz 5BC
Terimakasih atas materinya sir, materi ini sangat bermanfaat dan mudah dimengerti. (Jihan luthfi 5BC)
BalasHapusTerimakasih atas materi yang diberikan sir
BalasHapusAhmad Chaidir 5BC
Wahhh terima kasih sir untuk ilmunyaa🙏
BalasHapusTerima kasih sir materinya sangat jelas sehingga mudah dimengerti, dan menambah pengetahuan ttng pelayanan
BalasHapusTerima kasih atas materinya sir, sangat bermanfaat dan mudah dimengerti (Masayu Sonia Saphira 5BC)
BalasHapusTerima Kasih Sir atas Ilmu & Informasinya
BalasHapusterima kasih untuk materi nya sir sangat bermanfaat
BalasHapusDeft Silisia 5BC
Terimakasih atas infonya sir
BalasHapusRezki Yanto 5BC
Terimakasih atas informasi yang telah di berikan sir
BalasHapusPutri Ayu 5BC
ilmu yang sangat bermanfaat. Terima kasih sir.
BalasHapusDita Nurhasanah, 5BC
Terima kasih atas informasinya sir. elas dan mudah dipahami
BalasHapussangat membantu memperluas wawasan tentang pariwisata, terima kasih pak
BalasHapusmudah di pahami dan menambah wawasan, terima kasih sir
BalasHapusKrestianti, 5BC
terima kasih infonya sir, sangat bermanfaat dan mudah di mengerti (Rizqi Atiiqah Putri 5BC)
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat
BalasHapus- Muhammad sabari 5BB
Dapat dipahami bahwa kualitas pelayanan dapat terjadi karena adanya hubungan antara presepsi pelanggan atas pelayanan yang nyata mereka dapat dan kenyataan sesungguhnya atas pelayanan yang mereka dapatkan. Sangat membantu dan mudah dipahami, terimakasih, pak (19. Sulis Kholifah, 5BB)
BalasHapusTerimakasih atas materinya. Sangat membantu dan bermanfaat serta mudah untuk dipahami
BalasHapusTerima kasih atas materinya sir, sangat bermanfaat sekali dan mudah di pahami👍 -Hikma Damai Rika 5BB
BalasHapusTerimakasih atas materi yang sangat bermanfaat ini pak, cukup mudah untuk dipahami👍 (Allyah Febrina M / 5BB)
BalasHapusTerimakasih atas materinya pak, mudah dipahami dan sangat bermanfaaf 🙏-Anisa Ramadhania 5BB
BalasHapusKualitas pelayanan terhadap tamu ternyata memang sangat penting. Terimakasih atas materinya pak. Sehat selalu.
BalasHapus-Dea Andestia, 5BB
Terimakasih atas ilmunya, sir 🙏 Sangat bermanfaat dan mudah dipahami.
BalasHapus- Mariyah Tulqibthiyah, 5BB
Terima kasih atas materinya pak, sangat bermanfaat dan mudah dipahami.
BalasHapus-Viorin Kika Anggani,5BB
Terima kasih atas materinya pak, mudah dipahami dan sangat bermanfaat sehingga mengetahui pentingnya kualitas pelayanan. (13. Ersa Mayora/ 5BB)
BalasHapusPenjelasannya mudah di pahami dan sangat jelas, terimakasih atas materiny sangat.
BalasHapus-Fitri Salsabila, 5BB
Terima kasih atas materinya, Pak. Setelah membaca materi di atas, saya jadi lebih memahami bahwa quality service sangatlah penting.
BalasHapusterimakasi atas materi ini pak, dapat dipahami dengan baik. saya jadi tau apa saja dimensi kualitas pelayanan. (Tharisya Dhyanti Fazwa, 5BB)
BalasHapusTerimakasih atas materi yang bermanfaat ini, pak. Penjelasannya mudah dipahami. Sukses selalu, pak. (Tammy R.P-5BB)
BalasHapusterima kasih atas materi yang diberikan sangat berguna
BalasHapusTerima kasih atas info yang sudah diberikan sir, penjelasannya pun mudah dipahami dan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu (Tiara Sakina 5BD)
BalasHapusTerima kasih atas materi yang diberikan. Sangat berguna untuk menambah wawasan
BalasHapusMateri yang diberikan sangat jelas dan ringkas sehingga mudah dipahami, terima kasih sir
BalasHapusTerima kasih sangat mudah dipahami, dan point” tentang jasa kualitas pelayanan pun mudah untuk dimengerti
BalasHapus-Khanza Naurabella
Terima kasih atas materinya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami sir 🙏
BalasHapus-Indah Noverika-
Materi yang diberikan jelas dan bahasanya mudah dipahami. Terima kasih sir, sukses selalu!
BalasHapus-Rindi Yunita Sari 5BD-
Blog nya sangat bermanfaat sekali, banyak materi terkait hospitality yang bisa kita baca di sini, tentunya sangat lengkap dan mudah dipahami. Terima kasih 🙏🏻
BalasHapusBlog nya sangat bermanfaat sekali, banyak materi terkait hospitality yang bisa kita baca di sini, tentunya sangat lengkap dan mudah dipahami. Terima kasih 🙏🏻 (Putri Asia Septarina)
BalasHapusTerimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami mengenai Jasa dan kualitas pelayanan.
BalasHapusTerima kasih atas materinya, sir. penjelasannya sangat jelas dan mudah dipahami (Dhea Anggraini, 5 BD)
BalasHapusMateri yang diberikan sangat jelas dan mudah dipahami. Terima kasih🙏🏻
BalasHapus(Aisyah Cicha Safira 5BD)
Menurut saya, materinya sangat mudah dipahami karena point" penting tentang kualitas pelayanan sudah sangat dijelaskan secara terperinci
BalasHapus(M.Aji Wiraguna 5BD)
Terimakasih sir atas informasi yang diberikan dalam blog ini, sangat beanfaat dan menambah wawasan baru.
BalasHapus(Tri Dheka Wati 5BD)
Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami mengenai Jasa dan kualitas pelayanan (Trilisa Nurhuda)
BalasHapusThankyou atas informasinya,bisa menambah wawasan jugaa (Winda Viriyalines.5BD)
BalasHapusterimakasih atas informasinya sir, sangat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan
BalasHapus(Yunisa patmawati 5BD)
Penjelasan materi sangat jelas dan mudah dipahami, terima kasih sir (Sherly Oktaviani 5BD)
BalasHapusTerimakasih atas infonya sir🙏
BalasHapus(Putri Elviani 5BD)
Terima kasih pak leo atas materinya tentang kualitas pelayanan,materinya sangat jelas sehingga mudah untuk dipahami (03. Vannessa Rudi)
BalasHapusTerima kasih atas materinya sir karena sangat jelas dan mudah dimengerti(Indah Nabila 5 Bd)
BalasHapusMaterinya jelas dan pemilihan kata" nya juga baik jadi saya mudah memahami intri dari blog ini, terimakasih🙏
BalasHapusTerimakasih atas infonya sir, banyak sekali ilmu yang bisa diambil dan sangat bermanfaat.
BalasHapus